Sunday 5 December 2010

Bagaimana menyusun tur 3 hari 2 malam di Bali


Bagaimana menyusun perjalanan tour di Bali? Jika belum pernah ke Bali atau tidak tahu peta Bali sering kali orang membuat rencana perjalanan yang kurang pas. Tempat wisata Bali bisa dibagi menjadi 5 kelompok besar, yakni Bali  barat, Bali timur, Bali tengah, Bali utara dan bali selatan. Yang termasuk Bali barat antara objek wisata pulau Menjangan, hutan Bali barat. Objek wisata ini sebagian masuk kabupaten Jembrana dan sebagian lagi masuk kabupaten Singaraja.
Objek wisata yang berada di Bali timur meliputi objek wisata Taman Ujung, Tirta Gangga , desa Tenganan, Candi dasa, Goa lawa, dan Amed. Objek-wisata ini sebagian besar berada di kabupaten Karangasem. Sementara itu di Bali utara mempunyai beberapa tempat wisata yang menarik. Bali utara mencakup wilayah yang berada di kabupaten Singaraja. Objek wisata yang paling terkenal antara lain Lovina, sumber air panas desa Banjar, situs pelabuhan Buleleng dan bangunan sejarah lainnya.
Yang dikategorikan Bali selatan meliputi objek wisata Tanjung Benoa, Nusa Dua, Uluwatu, Tanah Lot, Kuta, Garuda Wisnu Kencana, pantai dreamland, pantai padang-padang, Jimbaran. Untuk Bali tengah mencakup alas Kedaton, Jati Luwih, Sangeh, danau Beratan, Danau Bunyan, Kebun raya bedugul, Pegunungan Kintamani, Danau batur, desa Trunyan, Pura Besakih, desa Penglipuran, Taman Kertagosa, Ubud, Payangan, Goa gajah, Tirta Empul Tampaksiring, dan beberapa museum di Kabupaten Gianyar.
Nah, jika anda hanya punya waktu yang sangat terbatas, misalnya hanya 3 hari bagaimana bisa menyusun perjalanan liburan anda?
Jika anda hanya punya waktu 3 hari dan ingin mengenal objek wisata yang ada di Bali ada baiknya anda pertimbangkan hal-hal sebagai berikut. Dengan asumsi anda ke Bali naik pesawat yang harus diperhatikan adalah: 1. Cari pesawat yang tiba di Bali pagi sekitar jam 9 sampai jam 10 pagi. 2. Cari pesawat yang berangkat ke kota asal anda jam 6 sore atau malam hari. 3. Tentukan objek wisata yang sejalur. Artinya sejalur adalah objek wisata itu dapat ditempuh dalam satu jalur perjalanan. Jadi tidak perlu bolak balik dan menghabiskan waktu di jalan.
Untuk tour 3 hari di Bali program perjalanan berikut adalah sangat baik untuk dipertimbangkan. Day 1. Perkiraan mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali jam 10.00 pagi. Langsung menuju ke Tanjung Benoa untuk menikmati wisata water sport. Perlu waktu sekitar dua setengah jam untuk menikmati wisata ini termasuk makan siang. Setelah Tanjung Benoa bisa dilanjutkan ke kawasan Nusa Dua. Bisa keliling Nusa Dua, tapi cukup di dalam mobil/bus saja. dari Nusa Dua bisa langsung ke pura Uluwatu. jarak tempuh Tanjung Benoa ke Uluwatu sekitar 25 menit. Menikmati keindahan pura Uluwatu cukup 1 jam saja lalu berlanjut ke pantai Padang-padang. Banyak orang penasaran untuk melihat pantai ini. Jalan menuju pantai cukup sempit jadi perlu extra hati-hati. Cukup 1 jam di pantai ini dan bisa dilanjutkan ke Pantai Dreamland. Jika anda tiba siang atau sore hari pantai ini cukup terik. Untuk sampai di pantaipun harus jalan kaki yang cukup jauh dengan jalan yg turun dan tidak nyaman. Pemandangan menuju pantai ini sangat indah terutama dari saat memasuki pintu gerbang Pecatu Graha. Setelah puas melihat pantai Dreamland bisa dilanjutkan ke Garuda Wisnu Kencana(GWK). Setiap hari ada suguhan tari Kecak di tempat ini. Jadi setelah anda puas berfoto-foto dan mengelilingi GWK maka di akhir perjalanan di seputar GWK anda bisa menyaksikan tari Kecak atau pertunjukan tari lainnya. Tari Kecak mulai sekitar jam 6 sore dan berlangsung sekitar 1 jam. Selesai nonton tari Kecak anda bisa turun ke Jimbaran untuk makan malam dengan menu seafood di Jimbaran. Tiba di hotel diperkirakan jam 10 malam. Jadi seharian objek wisata Bali selatan sudah terjelajahi.
Untuk Day 2 ada 2 pilihan antara lain tour ke Bedugul atau tour ke Kintamani. Tour ke Bedugul bisa diawali dengan mengunjungi Sangeh, dilanjutkan ke Danau Beratan atau ke Kebun Raya Bedugul, pasar Candi Kuning, terus ke Jogger toko ( yang baru), Taman Ayun dan diakhiri di Tanah Lot untuk melihat sunset. Jika anda tidak mau ke Sangeh anda bisa memulai kunjungan ke Taman Ayun, Jogger, Bedugul, Pasar Candi Kuning, Alas Kedaton dan terakhir Tanah Lot. Anda berangkat jam 8 pagi dan tiba di hotel sekitar jam 21.00 atau jam 22.00.
Alternatip untuk day 2 adalah Nonton tari barong, Ubud, Kintamani, Tirta Empul Tampak Siring, Goa Gajah, pasar Sukawati kembali ke hotel. Tentunya anda harus memperhitungkan waktu jika semua tempat yang saya sebutkan untuk tour Kintamani bisa tercover semua. Tempat yang sebutkan itu sudah saya susun secara berurutan. Jadi tidak perlu bolak balik.
Day 3. Jika day 2 anda pilih tour ke Kintamani maka alternatip Day 3 adalah ke Tanah Lot pagi hari terus ke Taman Ayun, ke pasar oleh-oleh sambil makan siang dan menunggu keberangkatan ke Bandara.  Jika day 2 dipilih Tour Bedugul maka alternatip day 3 adalah nonton Barong, Pasar Sukawati, makan siang, Sanur ke Bandara.
Untuk mendapatkan oleh-oleh anda bisa mengunjungi Kampung Nusantara, Galuh, Krisna, Museum kartun, Cening bagus, Cahayu, Kampung Bali dan beberapa tempat belanja lainnya. Ada perbedaan menyolok antara tempat oleh-oleh yang saya sebutkan tadi dengan pasar seni Sukawati. Di pasar Sukawati anda harus pandai-pandai menawar. Tawaran pertama bisa anda mulai dengan 20% dari harga yang ditawarkan pedagang. Jika penawaran pertama anda 50% dari harga yang ditawarkan pedagang bisa dipastikan anda akan mendapatkan barang yang anda tawar tanpa harus memberikan tawaran ke-2. Tentu saja pedagang sangat senang dengan tawaran yang anda berikan . (tour2bali).